Saturday, March 9, 2013

Layar AMOLED

Memahami Teknologi Layar AMOLED pada Tablet Android


Saya yakin anda pasti akan bertanya-tanya mengenai hal yang satu ini, sayapun demikian, maka dari itu saya akan mengulas sedikit tentang apa yang sebenarnya teknologi retina display ini dapat menggantikan teknologi sebelumnya baca (AMOLED).

Teknologi yang dikembangkan pada beberapa perangkat smart phone dan tablet saat ini bermacam-macam yang dapat anda ketemukan, bagi seorang yang menyenangi akan hal ini, mencari teknologi terbaru pada salah satu gadget yang diidamkan tentunya akan melihat pula bagaimana fungsi, kualitas, serta teknologi yang ada pada produk tersebut.

Contohnya yang akan saya garis bawahi adalah teknologi layar pada gadget yang makin hari makin menarik untuk diikuti, dan tentusaja siapapun calon pembelinya yang mengerti akan teknologi pasti akan menantikan kehadiran dari teknologi terbaru pada smartphone, dalam hal ini teknologi layar.

Layar AMOLED

Teknologi Layar AMOLED


Hingga saat ini penggunaan teknologi layar pada tablet android masih banyak didominasi oleh AMOLED aka Active Matrix Organic Light Emitting Dioda, yang tidak lagi kita pungkiri kehebatannya dalam memproduksi cahaya sendiri yang mana teknologi AMOLED ini didalamnya terdapat LED diskrit sepanjang layar, dengan ini layar tidak perlu lagi membutuhkan backlight.

Keuntungan
Inilah yang akan terjadi pada saat anda menggunakan layar AMOLED, sangat kontras, seperti yang dijelaskan sebelumnya hal ini disebabkan karena setiap pixel-nya mampu memproduksi cahaya dengan sendirinya ketika dihidupkan, dan bila dimatikan justru sebaliknya hitamnya yang akan ditampilkan. 
Kelebihan lainnya yaitu  baterai yang digunakan relatif lebih tahan lama, karena pada pixel hitam  hampir tidak mengkonsumsi daya karena tidak mengeluarkan cahaya. Misalnya sepertci contoh yang dilansir dari blog Apaperbedaan menjelaskan  
"Sebuah contoh yang baik dari ini adalah ketika membaca e-book, karena sebagian besar software e-book reader memungkinkan untuk mem-flip warna; menampilkan teks putih pada latar belakang hitam. Anda masih dapat flip warna di retina display tetapi daya yang dihemat, karena lampu latar belakang layar masih menyala."

Kelemahan
Bila anda menggunakan smartphone diluar rumah tidak harus dibawah sinar matahati, pasti layar anda akan sedikit tidak terlihat walaupun anda sudah menghidupkan fitur "Auto Brightness" pada smartphone anda. Hal ini diakibatkan karena efek visibilitas yang terjadi pada smartphone berkurang karena smartphone anda menghasilkan cahaya sendiri dan tidak dapat mengalahkan sinar matahari, hal ini dapat dipastikan demikian.
Gambar via : Techradar
via: TAM
Layar AMOLED

0 comments:

Post a Comment