Saturday, May 18, 2013

Harga HP Android

Harga HP Android dan Faktor Penentunya

HP Android banyak digandrungi karena fitur-fiturnya yang menarik dan bisa diupdate. Seiring dengan perkembangan ini, Anda bisa menemukan HP Android baik merk dalam negeri atau merk luar negeri. Pengguna Android di Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan merk luar negeri. Ini karena merk luar negeri  memiliki kualitas yang lebih baik. Lebih lanjut lagi, Android buatan luar negeri cenderung lebih maju dibanding merk dalam negeri. Sedangkan untuk HP Android dalam negeri kualitasnya memang belum setara tetapi juga tidak jelek. Harga HP Android juga bervariasi di pasaran. Anda bisa mempersiapkan dana kemudian membeli Android yang sesuai dengan uang yang Anda siapkan tersebut.

Penjelasan Harga HP Android

Harga HP Android sendiri dibedakan menjadi harga baru dan harga bekas

Sebagai contoh, Anda berniat membeli HP Android Samsung Galaxy maka Anda bisa memilih beberapa tipe seperti Samsung Galaxy Chat B 5330, Samsung Galaxy Y S5360, Samsung Galaxy Pocket, Samsung Galaxy Y Duos S6102, dan lain-lainnya. Jika pilihan Anda jatuh pada Samsung Galaxy Chat B5330 maka Anda bisa mendapatkannya sekitar IDR  1.210.000 untuk harga baru sedangkan jika dana Anda terbatas maka Anda bisa membeli yang bekas sekitar IDR 950.000.

Contoh lain,Anda mendapatkan Samsung Galaxy Y S5360 dengan harga baru sekitar IDR 1.060.000 sedangkan untuk harga bekasnya sekitar IDR 850.000. Bagaimana jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas namun masih menginginkan HP Android yang terbaru?
Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena ada pula HP Android baru yang murah di pasaran. Misalkan, hanya dengan uang sekitar IDR 1.000.000 atau kurang Anda sudah bisa memiliki HP Android baru.

Anda sudah bisa menenteng Android semacam Alcatel OT 906, Tabulet TS11, atau Nexian A850 Energy. Setidaknya, tiga HP tersebut sudah memiliki fitur 3G didalamnya. Berikut ini contoh spesifikasi HP Android dengan kisaran harga IDR 1.000.000 atau kurang. Alcatel OT 906 misalnya. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan fitur FM player, music player, camera, dan koneksi internet. Selain itu, HP Android ini dilengkapi beberapa fitur koneksi nirkabel yaitu Bluetooth, Wi-Fi, dan 3G.

Kapasitas kamera yang ditawarkan oleh Android tipe ini adalah 2 MP. Sistem operasinya juga sudah standard yaitu Android OS 2.2 Froyo. gambar yang tampak pada layar juga relative bagus dan bersih karena didukung dengan resolusi 240 x 320. Tentu, Anda harus memeriksa kapasitas penyimpanan Android Anda.

Untuk Android tipe ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 200MB. Jenis layar yang ditawarkan oleh Android ini adalah resistif. Jenis layar ini memang tidak terlalu sensitif terhadap sentuhan jari sehingga Anda harus sedikit menekan layar untuk mengoperasikannya. Namun, hal tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan Android ini selama tidak ada kerusakan fatal yang terjadi. Bayangkan saja, dengan fitur dan spesifikasi seperti yang disebutkan di atas, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar IDR 989.500 atau kurang dari IDR 1.000.000. itu pun biasanya sudah termasuk garansi selama 1 tahun. Jika harga ini masih terlalu mahal untuk Anda, maka ada pula Android Tabulet TS11. HP Android berwarna hitam dan berat 1 kilogram ini ditawarkan dengan berbagai keunggulan. Ukuran layarnya lumayan besar yaitu 3.5 inch.

Fitur-fitur yang sudah ada antara lain music player, TV tuner, MP3, email, dan FM player. Fitur tersebut sudah bisa dijalankan dengan teknologi touchscreen. Kecepatan prosesornya sekitar 1.00GHz dengan kelengkapan koneksi nirkabel seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan 3G. Android tipe ini memiliki 2 kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang. Kamera depan menggunakan VGA sedangkan kamera belakang memiliki resolusi 2MP. Layar juga cukup cerah dengan resolusi pendukung 320 x 480. Terdapat pula USB port dan built in memory RAM dengan kapasitas 256MB. Salah satu yang membedakannya dengan contoh sebelumnya adalah jenis layar yang menggunakan jenis capacitive. Layar jenis ini lebih sensitif terhadap sentuhan jari atau kulit sehingga Anda tidak memerlukan tekanan saat mengoperasikan HP ini. Dengan fitur dan kemampuan semacam itu, Anda bahkan hanya perlu mengeluarkan uang sekitar IDR 658.900.

Lebih murah jika dibandingkan dengan referensi yang pertama. Pilihan ada di tangan Anda, sesuikan saja dengan kebutuhan dan dana yang yang Anda miliki. Tidak perlu membeli Android yang mahal kalau memang tidak perlu. Sebaliknya, jangan membeli Android yang sekedarnya saja jika memang Anda sangat membutuhkannya khususnya untuk mendukung kinerja Anda sehari-hari. Tentu, Anda bisa membeli Android yang lebih mahal daripada 2 contoh di atas. Android keluaran Samsung dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Kisaran harga Samsung Galaxy masih terhitung tinggi yaitu sekitar IDR 1.050.000 hingga IDR 1.300.000 atau bahkan lebih. Merk lain seperti Sony Xperia juga terhitung mahal seperti Sony Xperia Tipo ST21i. Harga baru Android ini adalah sekitar IDR 1.450.000 sedangkan harga second hand atau bekasnya sekitar IDR 1.150.000. Cross pun tidak jauh berbeda. Cross Andromeda A7 bisa Anda jadikan referensi ponsel Android baru Anda. Saat ini, Anda belum bisa menemukan harga second handnya sedangkan untuk harga barunya adalah sekitar IDR 1.300.000. Jika memang masih menginginkan Android dari Cross tapi dengan harga yang lebih murah silakan membeli Cross A8T dengan harga baru sekitar IDR 890.000 atau Cross AD350 dengan harga baru IDR 870.000.

Faktor yang membedakan harga HP Android di pasaran?

Tentunya, ada beberapa faktor yang menentukan mahal murahnya harga HP Android.

Merk HP
Banyak sekali merk HP Android yang beredar dipasaran. harga miring yang cenderung murah ditawarkan khususnya untuk merk-merk lokal. Fitur-fitur merk lokal tersebut juga tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh produk luar negeri. Jadi, jangan hanya melihat harga yang murah tetapi juga merk HP tersebut. Pastikan pula, apakah Anda ingin membeli merk HP Android lokal atau luar. Hal ini sangat diperlukan untuk memudahkan Anda memilih dan memilah HP mana yang terbaik bagi Anda nanti.

Komponen yang digunakan
Setelah melihat merk, Anda harus memperhatikan komponennya. Contohnya, Anda harus memperhatikan kulitas casing, layar, dan kamera.  Hal ini termasuk kualitas kabel data dan charger.  Untuk beberapa merk, kualitas memang sengaja diturunkan untuk menekan harga. Sekali lagi, pintar dan selektiflah dalam memilih HP Android sebelum membelinya.

Sistem Operasi yang digunakan
Ada beberapa versi sistem operasi Android. Versi tersebut adalah 1.5 cupcake, 1.6 donut, 2.1 éclair, 2.2 forzen yogurt atau Froyo, 2.3 gingerbread, serta 3.0 honeycomb. Untuk harga yang lebih tinggi lagi, Anda bisa memilih versi terbaru seperti Android Ice Cream Sandwich. Versi ini seringkali digunakan baik untuk Smartphone atau tablet. Jika budget Anda terbatas, ada baiknya memilih setidaknya HP Android 2.2 Frozen yogurt karena relatif stabil. Selain itu, versi ini juga memudahkan Anda untuk memindahkan aplikasi ke SD cards. Anda juga bisa menikmati hotspot pribadi dengan adanya wifi tether.

Selain faktor-faktor di atas, Anda juga harus memperhatikan hardware dari HP Android tersebut. Hardware tersebut akan menentukan mahal atau murahnya harga HP Android.  Sebagai pemberi kekuatan pada Android, prosesor menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan. semakin canggih tipe prosesor yang digunakan maka akan semakin mahal harga Android tersebut. Hal ini dikarenakan prosesor sangat mempengaruhi kinerja ponsel pintar ini terutama dalam hal respond an kecepatan.

Contohnya, jika Anda ingin memiliki Android yang murah atau low end, maka standar prosesor yang digunakan adalah 600MHz. Bagi Anda yang ingin menggunakan medium end Android itu artinya Anda akan memiliki Android dengan kecepatan sekitar 800MHz. Tentunya, untuk Anda yang sudah memiliki dana yang cukup dan ingin membeli high end Android, kecepatannya akan sangat memuaskan. Dalam hal ini, otak Android Anda berkecepatan 1 GHz atau bahkan lebih.  Disarankan bagi Anda untuk membeli medium end Android atau sekitar 800MHz khususnya jika Anda senang bermain games melalui Android Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan GPU atau Graphic Processing Unit. Sudah pasti Android yang memiliki GPU lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak memilikinya. Ini karena GPU memiliki peran sebagai pengolah gambar atau grafis sehingga tampilan aplikasi menjadi semakin baik bahkan bisa menjalankan aplikasi 3D jauh lebih baik. Sebaliknya, Android tanpa GPU memang berharga murah tetapi produk tersebut tidak bisa menampilkan aplikasi atau 3D.

Kalaupun bisa, tampilannya tidak maksimal dan sangat lambat. Sebagai referensi, low end dan medium end Android seringkali menggunakan GPU tipe Adreno 200 atau PowerVR SGX 530. Sedangkan high end Android menggunakan GPU dengan tipe Adreno 205. Ada kemungkinan, high end Android juga menggunakan GPU tipe PowerVR SGX 540 atau NVIDIA GeForce. Akan lebih baik menggunakan Android dengan tipe GPU standard. Anda memang tidak akan menemukan informasi mengenai GPU pada ponsel tersebut. Untuk memastikan tipe GPUnya tanyakan saja kepada penjual.

Harga HP Android juga ditentukan oleh kapasitas RAM atau Random Access Memory. semakin besar RAM yang digunakan maka harganya akan semakin mahal. Hal ini juga terkait dengan performa Android. penggunaan RAM terkait erat dengan aktivitas multi tasking. Dengan menggunakan RAM yang besar maka tidak masalah jika Anda ingin membuka aplikasi lebih dari satu. Ada 4 tipe RAM yang digunakan untuk Android yaitu 128MB, 256MB, 512MB, dan 1GB. Untuk performa standard silakan memilih Android dengan RAM 256MB. Dengan berkembangnya aplikasi saat ini, RAM 128MB tidak akan mencukupi sehingga perfoma Android akan sangat lambat. Segi fisik HP Android juga mempengaruhi turun naiknya harga Android. Untuk itu, Anda harus memperhatikan juga fisik dari Android tersebut sebelum membelinya.

Beberapa hal yang terkait dengan fisik Android adalah:


  • Layar. Layar berhubungan dengan jumlah pixel, jenis layar, dan ukuran layar HP Android Anda. semakin besar jumlah pixel maka harga akan semakin mahal. Pixel menentukan halus tidaknya tampilan pada layar. Untuk tampilan gambar standard, Anda bisa memilih HP Android dengan jumlah pixel 240 x 320, 320 x 480, dan 480 x 800. Ukuran layar memang tidak sepenuhnya mempengaruhi harga tetapi kebanyakkan pengguna Android lebih senang menggunakan layar yang medium atau agak besar agar mudah menggunakan keypad-nya. Jenis layar juga tidak menentukan secara langsung tetapi mempengaruhi kenyamanan. Untuk faktor kenyamanan, ada baiknya membeli Android dengan jenis layar capacitive karena lebih sensitif.
  • Kamera. fitur yang satu ini juga mempengaruhi mahal tidaknyak HP Android. Harga HP Android jika dilihat dari kameranya, maka dipengaruhi oleh beberapa hal. Anda harus memperhatikan resolusi kamera tersebut. Semakin besar resolusi biasanya kualitas foto akan semakin baik. Harga akan bertambah dengan adanya fitur auto fokus untuk mendukung performa kamera. Dengan fitur ini kamera akan membidik objek secara otomatis. fitur ini sangat berguna khususnya bagi Anda yang suka mengambil gambar jarak dekat atau sekitar 30 cm. Jika sering menggunakan kamera Android di malam hari maka pastikan bahwa kamera sudah dilengkapi dengan lampu flash.
  • Memori Internal. Semakin besar kapasitas memori internal maka akan semakin baik dan biasanya harga juga semakin mahal.


Pada intinya, semakin lengkap HP Android yang akan Anda beli maka akan semakin tinggi harganya. Fitur dalam Android juga menentukan harga jual atau beli ponsel pintar ini. Misalnya, Anda menginginkan Android dengan fitur GPS, Bluetooth, Wi-Fi, dan kompas digital tentu saja harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan Android yang tidak dilengkapi oleh fitur-fitur tersebut. Namun, bukan berarti suatu saat nanti Anda tidak bisa memiliki fitur atau aplikasi tersebut.

Kelebihan Android di banding dengan ponsel lainnya adalah karena pengguna bisa mengupdate aplikasi dengan mengunduh atau download melalui Android Market. Yang perlu Anda perhatikan adalah kapasitas Android yang Anda gunakan. Bisa jadi Anda harus menghapus aplikasi lama yang sudah tidak Anda gunakan lagi kemudian mengisinya dengan aplikasi yang baru.

Tentunya, ini terkait dengan performa Android Anda. Jika dipaksakan maka Android akan lambat atau bahkan error. Dengan maraknya HP Android di pasaran Anda juga semakin banyak pilihan dengan harga yang variatif pula. Anda tidak harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli Android karena dengan dana yang terbatas saja Anda sudah bisa memiliki Android yang relative standard dan nyaman untuk digunakan. Tingkat harga hanya menentukan kemampuan Android untuk menjalankan aplikasi atau games yang berat
Android dengan harga murah otomatis memiliki spesifikasi yang di bawah standard.

Seperti yang dijelaskan di atas, lebih baik untuk membeli Android yang masih standard khususnya bagi Anda yang masih pertama kali dan ingin mencoba menggunakan Android. Di sisi lain, Anda tidak harus membeli Android dengan harga yang mahal ata fitur yang lengkap walaupun Anda memiliki uang. Android akan lebih maksimal jika diisi dengan fitur atau aplikasi yang memang Anda butuhkan. Akan percuma jika Anda memiliki Android dengan banyak fitur tetapi Anda tidak pernah menggunakannya.

Mudah-mudahan informasi mengenai harga HP Android serta segala sesuatu yang mempengaruhi mahal tidaknya sebuah HP Android berguna bagi Anda khususnya Anda yang sedang mencari Android baru untuk digunakan. Ingat! belilah HP Android secara bijak. Beli Android sesuai kebutuhan serta gunakan sesuai kemampuan Android yang Anda miliki agar HP awet dan tidak mudah rusak. Setidaknya, jika HP Anda tidak pernah rusak maka harga jual second handnya masih relatif tinggi jika dibandingkan dengan Android bekas yang tidak terawat. Selamat mencari HP Android.

Via : Harga HP Android

0 comments:

Post a Comment